Soal UAS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 7 (VII) SMP/MTs
Berikut ini adalah contoh soal Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 (ganjil/gasal). Soal ini bisa digunakan sebagai bahan latihan soal dalam menghadapi ujian akhir semester 1.
Kunjungi juga:
Dengan banyak berlatih soal mudah-mudahan lebih siap secara mental maupun materi. Soal ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban, sehingga akan lebih memudahkan dalam belajar.
BACA JUGA
- Download Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Matematika Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Mata Pelajaran Prakarya Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Download Soal dan Kunci UTS/PTS Mapel Bahasa Inggris Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Download Soal dan Kunci Jawaban Latihan UTS/PTS Mapel PJOK Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Download Soal dan Kunci Jawaban Latihan UTS/PTS Mapel PAI dan Budi Pekerti Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Download Soal dan Kunci Jawaban UTS PPKn Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs
- Download Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Seni Budaya Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs
- Soal dan Kunci UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13)
Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
Salah satu ciri khas bangsa Amerika adalah kesukaannya membuat peringkat. Apa pun diperingkat. Tidak terkecuali dunia bisnis. Majalah terkenal seperti Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan berdasarkan penjualan, besarnya aset yang dimiliki, atau berdasarkan besarnya tingkat keuntungan. Kedua, iklim kompetisi yang semakin ketat. Jelaslah bahwa membuat peringkat bagi masyarakat Amerika merupakan hal yang biasa.
1. Gagasan utama paragraf di atas adalah ...
a. Pembuatan peringkat dipengaruhi oleh dua faktor
b. Apa pun bisa diperingkat
c. Kebiasaan bisnis bangsa Amerika
d. Bangsa Amerika suka membuat peringkat
Bacalah kutipan dongeng berikut ini!
Mogu memutuskan untuk bermalam di hutan. Ia bersandar di pohon dan jatuh tertidur. Dalam tidurnya, samar-samar Mogu mendengar suara memanggilnya. Mula-mula ia berpikir, itu hanya mimpi. Namun, pada saat ia terbangun, suara itu masih memanggilnya. ”Anak muda, bangunlah! Siapakah engkau? Mengapa kau ada di sini?” Mogu amat bingung. Dari mana suara itu berasal? Ia mencoba melihat ke sekeliling. ”Aku di sini. Aku pohon yang kau sandari!” ujar suara itu lagi. Seketika Mogu menengok. Alangkah terkejutnya ia! Pohon yang disandarinya ternyata memiliki wajah di batangnya.
2. Dongeng di atas dapat ditulis kembali menjadi ....
a. Mogu memutuskan untuk bermalam di hutan. Saat dia menyandarkan badannya pada sebuah batang pohon, dia pun tertidur dan bermimpi. Dalam mimpinya, ia seperti mendengar ada pohon yang bicara.
b. Mogu terkejut karena mendengar ada yang bicara. Ternyata, pohon yang disandarinyalah yang berbicara. Bahkan pohon itu memiliki wajah.
c. Mogu memutuskan untuk bermalam di hutan. Saat dia menyandarkan badannya pada sebuah batang pohon, dia sangat kaget. Ternyata pohon yang disandarinya itu dapat berbicara dan memiliki wajah di batangnya.
d. Mogu yang suka bermalam di hutan menjadi sangat terkejut kaena ada pohon yang bisa bicara dan memiliki wajah di batangnya.
Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Malaysia berpendapat, para TKI perlu dilindungi dari tindakan eksploitasi oleh sebagian pengusaha setempat yang tidak bertanggung jawab. Tindakan tersebut misalnya dengan hanya memberi upah kecil, sementara jam kerjanya berlebihan. Oleh karena itu, dianggap perlu ada pengaturan sejak kedatangan dan selama keberadaan para TKI di Malaysia. TKI di Malaysia hendaknya benar-benar dipantau oleh para petugas yang terkait dari kedua negara. Namun, sekaligus juga diharapkan agar para pekerja pendatang itu memiliki dokumen yang sah. Hal ini dilaksanakan agar keberadaan mereka terjamin dan terlindungi.
3. Gagasan utama paragraf di atas adalah ...
a. Perlunya TKI dilindungi undang-undang
b. Tenaga kerja Indonesia dieksploitasi
c. Pendapat Pemerintah Malaysia tentang TKI
d. Keadaan tenaga kerja Indonesia di Malaysia
4. Saat mendapat tugas membaca teks UUD 1945, sikap dan cara membaca yang harus diperhatikan adalah ....
a. Tenang dan membaca dengan sedikit santai
b. Bersikap biasa atau apa adanya
c. Khidmat, tenang, tidak gugup, membaca dengan suara yang keras sekali
d. Bersikap tenang, khidmat dan membaca dengan keras, tetapi tidak berteriak agar peserta upacara mendengar
Bacalah pantun berikut ini!
Dari Jakarta, menuju Semarang
Jangan lupa beli pepaya
Engkau senang, aku senang
Karena kita memang Saudara
5. Balasan yang tepat untuk pantun di atas adalah ....
a. Makan gulai di atas batu
Kerasnya batu tak terasakan
Jika boleh aku bertemu
Datang bertamu sambil berjalan
b. Jika kenyang karena makan
Janganlah lupa akan minumnya
Jika datang dengan ancaman
Akan kuterima dengan gembira
c. Buah lengkung enak rasanya
Beli murah di Temanggung
Kita memang bersaudara
Sudah senang kita tanggung
d. Jika engkau pergi ke Pati
Belikan aku sekilo duku
Jika engkau berbaik hati
Bantulah aku bawakan buku
Perhatikan cerita anak berikut untuk soal nomor 6 dan 7
”Mia tidak mau tahu. Mia mau model yang baru, yang ada radio, kamera, dan yang 3G seperti milik Tari,” kata Mia ngotot kepada Mama.
”Ini kan masih bagus, Mia. Kurang bagus apanya? Belum juga setahun Mama belikan, garansinya juga belum habis. Lagian apa manfaatnya beli begituan buat kamu? Kamu kan masih SMP, nanti saja kalau sudah SMA atau kuliah,” balas Mama.
”Mia malu, Ma. Model ginian sudah ketinggalan zaman, sudah kuno dan tidak modif. Ini pantasnya jadi rongsokan atau dibuang saja, itu lebih baik,” Mia membanting HP ke sofa.
Mama tidak tahu harus berkata apa lagi karena Mama merasa penjelasan apa pun akan percuma kalau Mia sudah ngambek, karena permintaan yang dia inginkan tidak dipenuhi.
”Pokoknya Mia minta ganti. Titik!” kata Mia sambil berlari ke kamarnya, lalu membanting daun pintu dengan keras.
6. Berdasarkan cerita di atas, Mia memiliki sifat ...
a. Penurut
b. Sombong
c. Manja
d. Baik hati
7. Realitas kehidupan anak-anak sekarang yang tercermin dalam cerita di atas adalah ...
a. Patuh pada nasihat orang tua
b. Membantah perintah orang tua
c. Ingin tampil beda dari teman-temannya
d. Segala keinginan harus segera dipenuhi
Bacalah kutipan berita berikut ini!
Sidang Pleno yang lalu, berlangsung alot dan memanas. Pernyataan Wakil Ketua KPU, Adnan Buyung Nasution yang dikutip pers, ”Sebaiknya anggota KPU yang tidak menerima hasil pemilu mengundurkan diri,” menyulut konflik. Mereka saling menyalahkan antar anggota KPU.
8. Kesimpulan dari berita tersebut adalah ....
a. Pendapat dari Adnan Buyung Nasution menjadi bahan pertengkaran antar anggota KPU
b. Sidang Pleno menjadi ajang saling menyalahkan setelah adanya pernyataan dari Adnan Buyung Nasution.
c. Para anggota KPU beradu pendapat pada Sidang Pleno
d. Sebaiknya anggota KPU yang tidak menerima hasil pemilu mengundurkan diri adalah pendapat dari Adnan Buyung Nasution.
Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyatakan ada tiga solusi untuk mengatasi permasalahan transportasi, khususnya di Jakarta. Tiga solusi itu terkait dengan reformasi transportasi massa. Sekretaris Jenderal MTI, Danang Parikesit, mengatakan reformasi transportasi massa itu terkait dengan manajemen pengguna transportasi, pengembangan transporasi yang berorientasi pada jaringan angkutan umum massal, serta pengawasan hukum.
9. Gagasan pokok paragraf di atas adalah ...
a. Adanya reformasi massal di bidang transportasi
b. Pengembangan transportasi yang berorientasi pada kepentingan umum
c. Solusi untuk mengatasi masalah transportasi di Jakarta
d. Permasalahan transportasi yang ada di Jakarta
Bacalah cerita pengalaman berikut!
Liburan kemarin, Aulia mendapat kesempatan berkunjung ke negeri Serambi Mekah, Nangroe Aceh Darussalam. Aulia mengunjungi neneknya yang memang tinggal di sana. Aulia menyempatkan diri mengunjungi daerah yang beberapa tahun lalu tertimpa bencana tsunami. Aulia sangat tidak menyangka, meskipun bencana itu sudah terjadi beberapa tahun lalu, tetapi akibat yang ditimbulkannya sangat luar biasa. Dia sangat bersyukur karena tempat neneknya tinggal, tidak terkena bencana tersebut. Kunjungannya ke negeri itu, begitu membekas dalam hatinya.
10. Pengalaman yang dirasakan oleh Aulia adalah ....
a. Mengagumkan
b. Mengejutkan
c. Menyenangkan
d. Mengharukan
”Ibu duduk santai saja di kursi panjang ini,” ajak Dinah seraya menggandeng lengan ibunya.
”Nah, begitu lebih baik kan? Kakinya diselonjorkan.”
”Bu ... Aku pijiti, ya, Bu, ya?”
Ibu menurut saja. Ia tersenyum menerima perlakuan putrinya.
11. Gambaran kehidupan kutipan cerita tersebut dengan realitas kehidupan yaitu...
a. Seorang anak yang peduli terhadap ibunya.
b. Seorang ibu yang suka menyuruh anaknya untuk memijit.
c. Seorang ibu yang ingin dimanjakan anaknya.
d. Seorang anak yang ingin mengambil hati ibunya.
Perhatikan kutipan pengalaman berikut ini!
Tepatnya hari Rabu, 4 Juni 2008 kurang lebih pukul 06.30 Rani terserempet sepeda motor di pertigaan menuju sekolahnya. Waktu itu, ia bersepeda berjajar dengan teman dari sekolah lain. Tiba-tiba ada sepeda motor masuk di antara sepeda mereka. Sepeda Rani terseret sepeda motor tersebut. Rani terjatuh di jalan raya. Rani merasa malu bercampur sedih.
12. Kalimat yang tepat ditulis Rani dalam buku harian adalah ....
a. Rabu pukul 06.30, aku terserempet sepeda motor yang melewatiku di pertigaan menuju sekolahku. Luar biasa, peristiwa yang sangat mengharukan.
b. Waktu aku bersepeda berjajar dengan temanku tiba-tiba dari belakang masuk sepeda motor dan menyerempet aku dan temanku. Aku terjatuh tertimpa sepeda.
c. Aku terserempet sepeda motor di pertigaan menuju sekolahku dan terjatuh di jalan raya karena aku bersepeda berjajar. Hukuman pelanggaran lalu lintas telah terjadi.
d. Rabu, 4 Juni 2008 pukul 06.30, aku terserempet sepeda motor di pertigaan menuju sekolahku. Aku terjatuh di jalan raya. Wah, malu hatiku waktu teman-teman melihatku berpakaian kotor.
Bacalah cerita pengalaman berikut!
Hari ini aku sangat bangga. Sekolahku berhasil meraih predikat Sekolah Sobat Bumi (SSB) Champion. SSB Champion merupakan salah satu program Pertamina Foundation dalam pelestarian lingkungan hidup. Dalam kompetensi ini, kami berhasil masuk 25 besar dari 56 sekolah. Sekolah kami berhasil meraih predikat ini berkat pembinaan langsung dari para ahli lingkungan.
13. Pencerita pengalaman di atas merasa bangga karena ....
a. Sekolah pencerita meraih predikat Sekolah Sobat Bumi (SSB) Champion
b. Tampil dalam Sekolah Sobat Bumi (SSB) Champion yang diadakan Pertamina
c. Mendapatkan pembinaan dari para ahli lingkungan
d. Berhasil masuk 25 besar dari 56 sekolah dalam SSB Champion
Perhatikan ilustrasi berikut!
OSIS SMP Swadaya Palolo akan melaksanakan kegiatan bakti sosial, dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Kegiatan tersebut dikoordinasikan oleh Pembina OSIS. Puncak acara bakti sosial tersebut adalah mengunjungi Panti Asuhan Senang Berseri. Peserta akan didaftar paling lambat 1 Mei 2011.
14. Tulisan pengumuman sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ....
a. OSIS SMP Swadaya Palolo mengkoordinasikan pelaksanaan bakti sosial. Peserta supaya mendaftar kepada Pembina OSIS tepat 1 Mei 2011.
b. OSIS SMP Swadaya Palolo akan melaksanakan bakti sosial. Panti Asuhan Senang Berseri tempat acara puncak Peringatan Hardiknas. Peminat supaya mendaftar paling lambat 1 Mei 2011.
c. Acara puncak bakti sosial OSIS Swadaya Palolo mengunjungi panti asuhan. Jelas kamu berminat supaya mendaftar pada 1 Mei 2011.
d. Pelaksanaan bakti sosial OSIS SMP Swadaya Palolo hanya di Panti Asuhan Senang Berseri. Peserta agar bergegas pada tanggal 1 Mei 2011.
Perhatikan kutipan teks di bawah ini dengan cermat!
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa remaja merupakan sasaran utama pengiklan rokok. Melalui iklan dan promosi, remaja yang belum merokok akan berada dalam antrean untuk masuk ke dalam perilaku merokok. Begitu mulai merokok, mereka tidak mudah untuk berhenti baik karena citra yang dia yakini maupun karena sifat kecanduan rokok.
15. Gagasan utama paragraf di atas adalah ...
a. Remaja Indonesia kecanduan rokok
b. Remaja tertarik iklan rokok
c. Remaja sasaran utama pengiklan rokok
d. Remaja sulit berhenti merokok
16. Berikut adalah penggalan cerita yang dapat diceritakan dengan ekspresi mencekam adalah ....
a. Esok harinya, kabar menyebar. Kabar itu pun menjadi pembicaraan murid-murid kelas lain. Kebetulan pagi itu, Danan memang belum hadir.
b. Di sebuah desa hiduplah seorang pemuda bernama Danar. Suatu ketika Danar ingin sekali berguru kepada seorang Guru yang sedang bertapa seorang diri di lereng Gunung.
c. Malam, udara sangat dingin, lebih dingin dari malam-malam sebelumnya. Suasana pun tampak sangat sepi, jam menunjukkan angka sepuluh malam.
d. Aku mempunyai dua ekor anjing. Namanya, Moi dan Donal. Aku takut kehilangan mereka karena sangat sayang sama mereka.
17. Dongeng bisa menjadi metode terapi kesehatan bagi anak yang sedang sakit. Dengan dongeng, anak akan muncul harapan untuk sembuh.
Kata metode dalam paragraf di atas berarti ....
a. Kesimpulan atas suatu masalah
b. Pembahasan suatu masalah
c. Pelaksanaan suatu program
d. Cara kerja yang teratur
18. Paragraf yang dikembangkan dari gagasan umum menuju ke gagasan khusus disebut ....
a. Paragraf Narasi
b. Paragraf Deduktif
c. Paragraf Induktif
d. Paragraf Campuran
19. Paragraf Induktif adalah paragraf yang ....
a. Gagasan utamanya terletak di awal paragraf.
b. Gagasan utamanya terletak di tengah paragraf.
c. Gagasan utamanya terletak di akhir paragraf.
d. Gagasan utamanya terletak di awal paragraf dan ditegaskan di akhir paragraf.
Cermatilah!
AWAS BERBAHAYA
JANGAN MASUK KE LEMBAH
BISA PERGI TAK BISA KEMBALI
20. Penjedaan yang tepat untuk pengumuman di atas adalah ....
a. Awas/ berbahaya/ jangan masuk ke lembah bisa/ pergi tak bisa kembali//
b. Awas berbahaya/ jangan masuk/ ke lembah bisa pergi/ tak bisa kembali//
c. Awas/ berbahaya/ jangan masuk ke lembah/ bisa pergi/ tak bisa kembali//
d. Awas berbahaya/ jangan masuk/ ke lembah bisa/ pergi tak bisa kembali//
Bacalah kutipan dongeng berikut dengan cermat!
Burung gagak yang haus itu hinggap di mulut kendi dan menjulurkan lehernya sedalam mungkin ke dalam mulut kendi. Akan tetapi, walaupun dia telah berusaha sekuat tenaga, paruhnya belum dapat mencapai air. Dia hampir putus asa ketika dia ingat bahwa dia berada di sebuah penggalian. Tiba-tiba, burung gagak kecil ini mendapat ide yang baik.
Ia memungut sebuah batu, membawanya ke kendi, dan menjatuhkannya ke dalam kendi.
Kemudian, dia memungut batu kedua dan ketiga, sampai permukaan air perlahan-lahan naik, sehingga paruhnya dapat mencapai air.
21. Hal menarik yang terdapat dalam kutipan dongeng di atas adalah ....
a. Kecerdikan seekor burung gagak dalam mempertahankan hidupnya
b. Seekor gagak bukanlah hewan yang menakutkan
c. Perjuangan burung gagak dalam mencari makan
d. Tingkah laku seekor burung gagak dalam kehidupan
Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan timbul sesudah bencana adalah diare, tifus, leptospirosis, dan demam berdarah. Masalah kesehatan pada korban dan masyarakat di sekitar lokasi bencana harus diantisipasi. Beberapa penyakit itu muncul karena lingkungan kotor dan sumber air bersih tercemar lumpur.
22. Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
a. Beberapa penyakit muncul karena lingkungan kotor
b. Masalah kesehatan pada korban harus diperhatikan
c. Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul
d. Bencana banjir lumpur menimbulkan berbagai penyakit
Cermatilah kutipan dongeng berikut ini!
Raja Iskandar Zulkarnain merupakan seorang panglima perang yang gagah dan tangguh. Seluruh negeri yang diperanginya selalu menyatakan tunduk dan menyerah. Pedangnya bagaikan memiliki mata, dapat menyerang dan mengarah pada sasaran yang diinginkan.
Seperdelapan bumi telah dikuasai oleh Raja Iskandar Zulkarnain hingga sampai mendekati India. Pada waktu akan menaklukkan negeri itu, suatu malam ia digigit seekor nyamuk. Namun, akibatnya amat fatal, Iskandar Zulkarnain jatuh sakit dan menderita demam hebat. Nyamuk itu ternyata membawa benih penyakit malaria. Sang Raja pun mati. Raja Iskandar Zulkarnain kalah oleh seekor nyamuk.
23. Berikut ini kejadian luar biasa dari petikan dongeng di atas, kecuali ....
a. Seperdelapan bumi telah dikuasai oleh Raja Iskandar Zulkarnain
b. Raja Iskandar Zulkarnain digigit nyamuk ketika akan menyerang India
c. Pedang Raja Iskandar Zulkarnain seperti memiliki mata sehingga dapat menyerang langsung pada sasarannya
d. Raja Iskandar Zulkarnain yang terkenal gagah perkasa kalah oleh seekor nyamuk
Cermatilah penulisan buku harian berikut!
Kamarku, Senin, 13 Februari 2012
Hari ini aku masuk sekolah seperti hari biasanya. Saat itu, jam pertama di kelas sedang berlangsung pelajaran Bahasa Indonesia. Materinya adalah membaca puisi. Aku mengikutinya dengan antusias. Di tengah pelajaran, aku pamit ke toilet karena ingin buang air. Saat kembali, aku ditunjuk maju oleh guru untuk membaca puisi. Aku yang sudah biasa membaca puisi, langsung maju saja. Sesaat setelah aku berdiri di depan kelas, teman-temanku tertawa sambil menunjukku. Ya, Tuhan, aku lupa belum menutup resleting celanaku.
24. Cerita pada buku harian di atas tidak mengandung unsur ....
a. waktu terjadinya peristiwa
b. perasaan akibat peristiwa
c. waktu penulisan
d. orang yang terlibat dalam peristiwa
Cermatilah kutipan laporan berikut ini!
Hujan deras yang disertai angin kencang kemarin petang (15/6) telah membuat kota Semarang kegelapan. Pasalnya, sejumlah gardu listrik meledak karena terjadi hubungan singkat dan kabel-kabel utama yang bergesekan dengan pohon-pohon di sepanjang jalan. Koresponden yang datang ke beberapa kelurahan mendapat kabar bahwa kejadian tersebut mengakibatkan banyaknya pencurian yang sempat merugikan warga masyarakat.
25. Penggalan di atas berisi unsur-unsur berita seperti di bawah ini, kecuali …
a. Mengapa peristiwa itu terjadi?
b. Kapan peristiwa itu terjadi?
c. Di mana lokasi peristiwa itu?
d. Apa nama peristiwa yang terjadi?
Bacalah kutipan cerita anak berikut ini!
Si Jamin sudah beberapa kali pulang ke rumah membawa uang sedikit. Ia pun dimarahi Inem, istrinya. Si Inem selalu menyalahkan si Jamin. Dikatakannya suaminya kurang pandai dan kurang berani meminta-minta.
Itu memang betul. Si Jamin memang malu berbuat seperti budak-budak peminta sedekah yang lain. Budak-budak yang lain meminta uang dengan beberapa perkataan yang membujuk-bujuk, terkadang berdusta. Mereka tidak mau berhenti meminta dan tiada malu menurut-nurutkan orang, sampai orang itu membagi uang.
26. Komentar yang tepat tentang karakter tokoh si Jamin adalah ....
a. Si Jamin orang penakut karena dia tidak mau meminta-minta pada orang-orang.
b. Si Jamin memiliki harga diri yang tinggi terbukti dia tidak meminta-minta.
c. Si Jamin orang yang malas. Terbukti dia dimarahi karena tidak bisa mendapatkan uang banyak.
d. Si Jamin orang yang tidak penurut. Dia tidak mendengarkan kata-kata orang lain, yaitu kata-kata si Inem.
27. Cermatilah kata-kata berikut ini!
(1) Menghardik (4) Sayatan
(2) Menyayat (5) Hasutan
(3) Tertimbun (6) Menimbun
Kata-kata di atas bila disusun ke dalam kamus kecil, urutannya menjadi ....
a. (1) – (3) – (5) – (4) – (6) – (2)
b. (1) – (5) – (4) – (2) – (6) – (3)
c. (1) – (5) – (2) – (4) – (3) – (6)
d. (1) – (5) – (2) – (4) – (6) – (3)
Perhatikan ilustrasi peristiwa berikut ini!
Hari ini Nina lupa membuat tugas mengarang dongeng yang diperintahkan oleh Bu Marta, guru Bahasa Indonesia. Karena takut dimarahi oleh Bu Marta, Nina akhirnya menyontek dongeng yang ada di buku. Saat Bu Marta memeriksa tugas siswa, Bu Marta menemukan bahwa dongeng yang dibuat Nina sama dengan dongeng yang ada di buku. Bu Marta akhirnya tidak member nilai untuk Nina karena dongeng yang dibuat Nina bukan hasil karyanya sendiri.
28. Tulisan dalam buku harian yang tepat dan sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ….
a. Hari ini aku lupa membuat tugas mengarang dongeng. Akhirnya, aku mengutip dongeng yang ada di buku. Aku pikir Bu Marta tidak akan tahu bahwa dongeng itu bukan dongeng asli karyaku. Eh, ternyata Bu Marta tahu. Aduh, Bu Marta tidak memberiku nilai. Cukup yang terakhir kali deh aku mengerjakan tugas dengan tidak benar.
b. Hari ini aku sangat kesal. Aku ketahuan mengutip dongeng dari buku. Padahal aku sudah memilih dongeng yang tidak terkenal. Bu Marta memang jeli.
c. Hari ini aku senang sekali. Meskipun lupa, tugas mengarang dongeng dari Bu Marta dapat kuselesaikan dengan baik. Karena bingung, kuambil saja salah satu dongeng yang ada di dalam buku. Bu Marta tidak akan tahu kubohongi.
d. Hari ini aku kecewa. Bu Marta tidak menilai hasil dongeng yang kukarang. Padahal aku sudah susah payah membuatnya. Memang sih aku membuatnya baru saja soalnya tadi malam aku lupa kalau hari ini tugas itu dikumpulkan. Ya, sudahlah.
Bacalah kutipan surat pribadi berikut!
Dian, tahun ini aku bermaksud berlibur ke rumahmu di Yogyakarta. Rencananya pada tanggal 27 Juni 2011. Aku akan naik kereta Senja Utama dan turun di Stasiun Tugu. Kamu mau kan menjemputku? (................)
Sebelumnya, kusampaikan terima kasih atas balasan suratmu.
29. Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat pribadi di atas adalah ....
a. Kuharap kamu dan kakakmu mau menjemputku
b. Semoga orang tuamu sehat selalu, ya!
c. Semoga Tuhan senantiasa bersama kita
d. Kutunggu balasan suratmu, ya!
“Ketika pemiliki rumah sedang bekerja di kantornya, perampok itu menjarah berbagai perhiasan dan benda-benda berharga yang ada di rumah itu.”
30. Dari cuplikan pernyataan berita di atas terkandung informasi yang menjawab pertanyaan ….
a. Siapa pelaku dalam peristiwa itu?, Di mana peristiwa itu terjadi?, dan Bagaimana peristiwa itu terjadi?
b. Kapan peristiwa itu terjadi?, Siapa pelaku dalam peristiwa itu?, dan Peristiwa Apa yang terjadi?
c. Di mana peristiwa itu terjadi?, Siapa pelaku dalam peristiwa itu?, dan Mengapa peristiwa itu terjadi?
d. Mengapa peristiwa itu terjadi?, Di mana peristiwa itu terjadi?, dan Peristiwa Apa yang terjadi?
Cermatilah ilustrasi berikut ini!
Shinta yang hebat,
(....) Aku dan adik-adik serta keluargaku juga sehat selalu. Setelah dua bulan lalu aku pindah ke Jakarta, kamu tidak berkabar sama sekali. Sibuk dengan tugas di sekolah ya? Aku ingin kamu berbagi cerita seperti dulu, mau kan?
31. Kalimat pembuka yang tepat untuk mengawali surat tersebut adalah ....
a. Kuingin kamu dan teman-teman tidak akan melupakanmu.
b. Kuharap kamu dan keluargamu saat ini baik-baik saja.
c. Kukira kabar-kabar kesehatan teman perlu kita sampaikan juga.
d. Kuyakin teman-teman kita masih sering berkomunikasi.
Perhatikan kutipan teks berita di bawah ini!
Pemerintah tidak menyelesaikan satu pun masalah yang dialami petani secara tuntas. Hal tersebut terungkap dalam rapat kerja antara Menteri Pertanian, Anton Apriyantono, dan Komisi IV DPR di Jakarta. Masalah yang dihadapi petani selalu seputar kelangkaan dan tingginya harga pupuk, benih palsu, kekeringan, kebanjiran, infrastruktur parah, kualitas produksi hingga sulitnya mengakses sumber pemodalan. “Masalah itu selalu muncul dan tidak satu pun yang diselesaikan secara tuntas,” ujar anggota Komisi IV DPR dari PDI-P.
32. Pernyataan yang merupakan inti kutipan berita tersebut adalah ….
a. Pemerintah harus menyelesaikan masalah yang dialami petani.
b. Pemerintah hendaknya menyelesaikan masalah yang dialami petani secara tuntas.
c. Masalah yang dialami petani tidak satu pun diselesaikan pemerintah secara tuntas.
d. Masalah yang dialami pemerintah adalah cara menuntaskan masalah petani.
Kutipan dongeng berikut ini untuk soal nomor 33 dan 34!
”Jangan panik, gadis-gadis manis, aku ada di dekat kalian!” Astaga! Ternyata pohon besar itu yang berbicara. Ia tersenyum kepada Riri dan Nena. Sorot matanya bersahabat. ”Tolonglah kami, gadis-gadis kecil. Selamatkan nyawa kami!” Riri dan Nene kembali terkejut. Tak hanya pohon tua itu yang mampu berbicara. Ternyata, burung-burung kecil, kupu-kupu, dan hewan lainnya pun mampu berbicara seperti manusia. ”Aku adalah satu-satunya pohon yang belum ditebang penduduk. Tetapi, mungkin sebentar lagi mereka akan melakukannya. Seperti halnya manusia, kami juga makhluk Tuhan yang punya hak untuk hidup di bumi ini. Coba kalian lihat betapa banyak burung-burung, kupu-kupu, dan hewan-hewan lain yang mencoba bertahan hidup di sini. Hanya kalian yang mampu menyampaikan pesan kami kepada mereka. Tolong katakan jika merawat kami, pasti kami akan melindungi mereka!
33. Hal luar biasa yang terdapat dalam kutipan dongeng di atas adalah ....
a. Tumbuhan dan hewan adalah makhluk Tuhan
b. Pohon dan hewan yang mampu berbicara
c. Pohon dan hewan yang memiliki hak hidup
d. Penebangan hutan secara liar oleh penduduk setempat
34. Berikut ini adalah hikmah yang dapat kita petik dari kutipan dongeng di atas,kecuali ....
a. Hutan harus kita lestarikan, agar keseimbangan alam tetap terjaga.
b. Penebangan pohon secara liar akan berakibat buruk kepada manusia itu sendiri.
c. Pepohonan di hutan memang menjadi tempat berlindung burung.
d. Semua makhluk Tuhan mempunyai hak hidup yang sama di muka bumi ini.
Perhatikan kutipan paragraf berikut ini!
Tumbuh-tumbuhan yang hidup di hutan dan di pegunungan dapat berfungsi untuk melestarikan air, udara, dan tanah. Akar tumbuhan dapat berfungsi sebagai penahan air sehingga tidak akan terjadi banjir dan erosi pada saat hujan deras. Erosi dan banjir menyebabkan lapisan tanah paling atas akan ikut hanyut. Padahal lapisan tanah paling atas adalah yang paling subur. Selain itu, hutan yang rimbun oleh pepohonan dapat menjadi paru-paru dunia. Tumbuh-tumbuhan yang ada di hutan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida.
35. Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf di atas adalah ....
a. Apa yang terjadi jika di hutan tidak ada pepohonan?
b. Apa fungsi tumbuh-tumbuhan di hutan?
c. Siapa yang bertanggung jawab terhadap kelestarian hutan?
d. Bagaimana upaya masyarakat untuk melestarikan hutan?
Bacalah cerita pengalaman berikut ini dengan cermat!
Jaket, Oh, Jaket!
Suatu malam, Ibu pergi ke dokter. Biasa, badannya gatal-gatal. Karena udara sangat dingin, Ibu memakai jaket kesayangannya. Beberapa hari kemudian, Ibu kebingungan mencari jaket kesayangannya tersebut. Aku sudah curiga jangan-jangan ketinggalan di rumah Bu Dokter. Tapi, Ibu berkata bahwa itu tidak mungkin. Karena tidak ketemu juga maka peristiwa jaket hilang itu mulai kami lupakan.
Suatu hari, penyakit gatal Ibu kembali lagi. Maka beliau kembali periksa ke rumah Bu Dokter. Namun, baru sampai di teras rumah Bu Dokter, penyakit gatal Ibuku langsung sembuh. Kenapa? Karena beliau menyaksikan jaket kesayangannya teronggok manis dilantai sebagai keset.
36. Hal yang mengesankan dalam penggalam cerita pengalaman tersebut adalah ....
a. Ibu menderita penyakit gatal-gatal
b. Jaket kesayangan Ibu hilang dan sudah menjadi keset di rumah Bu Dokter
c. Karena kedinginan, Ibu memakai jaket
d. Penyakit gatal Ibu langsung sembuh ketika melihat jaket kesayangannya menjadi keset
37. Judul di bawah ini yang dapat dikembangkan menjadi cerita pengalaman yang menyenangkan adalah ....
a. Bekerja Bakti Lingkungan
b. Kemiskinan di Desa Penghasil Emas
c. Bencana Banjir di Desaku
d. Tercebur ke Selokan
Bacalah pengumuman berikut dengan cermat!
Diberitahukan kepada seluruh siswa bahwa sekolah akan mengadakan temu wicara yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 April 2007, di aula SMP Kartika.
Demikian pengumuman ini disampaikan untuk dapat ditanggapi sebagaimana semestinya.
38. Pengumuman tersebut belum sempurna karena tidak menginformasikan ....
a. Jam pelaksanaan
b. Hari pelaksanaan
c. Tempat pelaksanaan
d. Tanggal pelaksanaan
Bacalah pantun berikut ini!
Anak laki-laki itu berlari kencang meninggalkan Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Ketika itu, udara sangat panas. Angin kencang dan berdebu. Keringat kota diperas habis-habisan. Matahari terbahak. Pelabuhan menjerit.
39. Kutipan cerita di atas jika dituliskan kembali dalam bentuk lebih sederhana menjadi ....
a. Di tengah pelabuhan yang panas, seorang anak laki-laki sedang bekerja.
b. Ada seorang anak laki-laki yang kelelahan karena berlari kencang di pelabuhan.
c. Seorang anak laki-laki tampak kepanasan. Meskipun demikian, ia harus tetap bekerja mencari sesuap nasi di pelabuhan.
d. Seorang anak laki-laki berlari kencang meninggalkan pelabuhan. Saat itu, udara sangat panas dan matahari bersinar terik.
40. Pokok-Pokok berita dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W + 1H, yang meliputi ….
a. Apa?, Siapa?, Di mana?, Mengapa?, Apa akibatnya?, dan Kapan?
b. Kapan?, Siapa?, Di mana?, Lalu apa?, Berapa, dan Mengapa?
c. Di mana?, Mengapa?, Apa?, Kapan?, Bagaimana?, dan Siapa?
d. Mengapa?, Kapan?, Di mana?, Siapa?, Berapa?, dan Bagaimana?
Bacalah kutipan cerita anak berikut dengan cermat!
Kemudian, sang ayah berkata, ”Aku serahkan anak perempuanku ini. Dan sebagai gantinya, cabutlah taring dan kukumu yang tajam.” Setelah itu, si Singa yang bodoh berkata, ”Oh! Anak perempuanmu takut, ya. Padahal, walau pun aku lapar berat, aku tak akan memakannya....” Lalu, ia mencabut taring dan kukunya. Untuk meyakinkan hal itu, sang ayah lalu segera memukul singa dengan tongkat dan mengusirnya.
41. Hal yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dari cerita di atas adalah ....
a. Kita harus menyayangi dan melindungi keluarga kita
b. Kita harus cerdik dalam menghadapi setiap ancaman
c. Kita harus waspada terhadap bahaya binatang buas
d. Kita harus bersikap baik terhadap sesama
Sambil memberi penjelasan palsu itu George ogah menepi, seolah-olah hendak memberi jalan pada Ben dan Carlos. Itulah saat yang menentukan. Bisakah kedua penjahat itu dijebak? Ternyata bisa!
42. Watak tokoh George dalam kutipan tersebut adalah ...
a. Pembohong
b. Sopan
c. Penipu
d. Cerdik
Bacalah kutipan pantun berikut!
Pulau Pandan jauh di tengah,
Di balik pulau angsa dua.
Hancur badan dikandung tanah,
(….)
43. Larik yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang tersebut adalah ….
a. Kelak kita berpisah.
b. Semua yang ada tidak berguna.
c. Budi baik terkenang jua.
d. Meski jauh tak bermasalah.
Langkah Korut memang mengundang keprihatinan. Saat dunia risau dengan kekerasan dan perang yang berkecamuk di Irak dan Afganistan, negeri itu bermanuver dan membuat dunia khawatir. Khawatir bila manuver itu memicu pada perang yang lebih memusnahkan karena menggunakan nuklir sebagai senjata pamungkas.
44. Istilah manuver dalam paragraf di atas berarti ....
a. Gerakan yang cepat dalam bidang politik
b. Gerakan cepat dalam latihan militer
c. Gerakan yang tangkas dan cepat dari pasukan dalam perang
d. Latihan perang-perangan oleh militer
Bacalah kutipan cerita berikut ini!
Tak lama kemudian, mereka berkumpul di taman. Beaver, si berang-berang ingin bermain bisbol. Bear, si beruang, Goose si angsa, dan Duck, si bebek setuju.
Ketika sedang membentukkan tim, Franklin, si kura-kura memaksa ingin menjadi pelempar bola lagi.
Semua temannya berteriak bersama-sama, ”kamu tidak adil.”
Franklin tahu bahwa mereka benar. Ia seharusnya tidak boleh menjadi pelempar bola terus. Sekarang, gilirannya untuk berjaga di lapangan.
45. Jika diminta menceritakan cerita di atas dengan alat peraga, alat peraga yang tepat untuk penggalan cerita di atas adalah ....
a. boneka beruang, boneka angsa, boneka bebek, boneka kura-kura, dan boneka kelinci
b. boneka kura-kura, boneka angsa, boneka kancil, boneka bebek, dan boneka berang-berang
c. boneka kura-kura, boneka beruang, boneka angsa, boneka ayam, dan boneka berang-berang.
d. boneka berang-berang, boneka beruang, boneka angsa, boneka bebek, dan boneka kura-kura.
Perhatikan kutipan teks di bawah ini
Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh tata puitika. Bahasa yang padat dan penuh metafora adalah ciri umum dari puisi. Setiap orang dapat menulis puisi dengan berbagai cara dan dapat dilakukan kapan pun. Biasanya seseorang yang yang sedang jatuh cinta lebih mudah menuliskan bait-bait puisi dibandingkan dengan seseorang yang tidak sedang jatuh cinta. Hal ini karena kepekaan hati yang dimiliki setiap orang berbeda.
46. Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
a. Bahasa dalam puisi padat
b. Cara menulis puisi dapat berbagai cara
c. Bahasa dalam puisi penuh metafora
d. Bahasa dalam puisi terikat oleh tata puitika
“Masyarakat Aceh kembali diliputi kepanikan. Gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter (SR), mengguncang Kota Sabang, Provinsi Aceh. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.”
47. Unsur-unsur berita yang tidak terdapat pada kutipan berita di atas adalah ….
a. Kapan peristiwa itu terjadi?, Mengapa peristiwa itu terjadi?, Bagaimana peristiwa itu terjadi?
b. Kapan peristiwa itu terjadi?, Siapa yang mengalami peristiwa itu?, Mengapa peristiwa itu terjadi?
c. Peristiwa apa yang terjadi?, Mengapa peristiwa itu terjadi?, Bagaimana peristiwa itu terjadi?
d. Peristiwa apa yang terjadi?, Siapa yang mengalami peristiwa itu?, Berapa korban akibat peristiwa itu?
48. Penjedaan pembacaan teks Pancasila sila keempat yang benar adalah ....
a. Kerakyatan yang dipimpin/ oleh hikmat kebijaksanaan/ dalam permusyawaratan perwakilan//
b. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat/ kebijaksanaan/ dalam permusyawaratan/ perwakilan//
c. Kerakyatan/ yang dipimpin/ oleh hikmat kebijaksanaan/ dalam permusyawaratan perwakilan//
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan/ dalam permusyawaratan perwakilan//
Cermatilah kutipan laporan berikut ini!
Demikian disampaikan anggota Komisi XI DPR, Dradjad H. Wibowo, kepada Kompas, Selasa di Jakarta. Seperti diberitahukan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Burhanuddin serta dua pejabat Bank Indonesia (BI), Oey Hoey dan Rusli Simanjutak sebagai tersangka kasus aliran dana kepada anggota DPR.
49. Unsur berita yang terdapat dalam teks di atas adalah ...
a. Siapa? dan mengapa?
b. Kapan? dan bagaimana?
c. Kapan? dan mengapa?
d. Siapa? dan apa?
Bacalah kutipan cerita berikut ini!
Dengan cemberut, Mimi beranjak ke kamarnya di lantai dua. Ditutupnya pintu dengan keras hingga suaranya berdebum. Mimi merasa kesal kepada mamanya. Mamanya selalu memperlakukannya seperti anak kecil, mengatur kehidupannya hampir di segala bidang.
50. Cerita di atas dapat diceritakan kembali menjadi ....
a. Mimi merasa kesal karena mamanya selalu memperlakukannya seperti anak kecil, bahkan kehidupannya pun diatur oleh mamanya.
b. Mimi tidak mau diatur-atur oleh mamanya. Ia bukan lagi anak kecil. Ia lalu masuk kamar dan tidak mau bicara lagi kepada mamanya.
c. Mimi kesal kepada mamanya. Ia membanting pintu kamarnya dan tidak mau bicara kepada mamanya.
d. Mimi tidak mau diperlakukan seperti anak kecil oleh mamanya. Ia sampai membanting pintu kamarnya.
Kunci Jawaban :
(1) D, (2) C, (3) C, (4) D, (5) C, (6) C, (7) D, (8) B, (9) C, (10) D, (11) A, (12) D, (13) A, (14) B, (15) C, (16) C, (17) D, (18) B, (19) C, (20) C, (21) A, (22) D, (23) B, (24) B), (25) D, (26) B, (27) D, (28) A, (29) A, (30) B, (31) B, (32) C, (33) B, (34) B, (35) B, (36) B, (37) A, (38) A, (39) D, (40) C, (41) B, (42) D, (43) C, (44) A, (45) D, (46) D, (47) A, (48) A, (49) D, (50) A
(1) D, (2) C, (3) C, (4) D, (5) C, (6) C, (7) D, (8) B, (9) C, (10) D, (11) A, (12) D, (13) A, (14) B, (15) C, (16) C, (17) D, (18) B, (19) C, (20) C, (21) A, (22) D, (23) B, (24) B), (25) D, (26) B, (27) D, (28) A, (29) A, (30) B, (31) B, (32) C, (33) B, (34) B, (35) B, (36) B, (37) A, (38) A, (39) D, (40) C, (41) B, (42) D, (43) C, (44) A, (45) D, (46) D, (47) A, (48) A, (49) D, (50) A
Selamat belajar
0 Response to "Soal UAS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 7 (VII) SMP/MTs"
Post a Comment