RPP Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 dan 1 K13 Revisi 2018
RPP Matematika Kelas 8 Kurikulum 2013 revisi terbaru wajib dibuat oleh guru karena dengan RPP kita dapat dengan mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Berbicara RPP, pada postingan ini saya akan berbagi RPP Matematika Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 2 dan semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang bisa anda unduh secara gratis. Adapun contoh RPP Matematika Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 sebagai berikut;
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII /Ganjil
Materi Pokok : Pola Bilangan
Alokasi Waktu : 5 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayatiajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin,santun,percaya diri,peduli, danbertanggung jawabdalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
· KI3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan,teknologi,seni,budayadengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
· KI4:Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secarakreatif, produktif,kritis,mandiri,kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek | · Mengidentifikasi pengertian pola bilangan · Mengidentifikasi pengertian pola konfigurasi objek · Menjelaskan salah satu konteks yang terkait dengan pola bilangan · Menjelaskan salah satu konfigurasi objek yang terkait dengan · Mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan · Memahami cara memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan · Menjelaskan keterkaitan antar suku-suku pola bilangan atau bentuk-bentuk pada konfigurasi objek |
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek | · Mengenal pola bilangan, barisan dan pola umumnya untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru. · Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau konfigurasi objek · Menyajikan hasil pembelajaran tentang pola bilangan |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
· Mengidentifikasi pengertian pola bilangan
· Mengidentifikasi pengertian pola konfigurasi objek
· Menjelaskan salah satu konteks yang terkait dengan pola bilangan
· Menjelaskan salah satu konfigurasi objek yang terkait dengan
· Mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan
· Memahami cara memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
· Menjelaskan keterkaitan antar suku-suku pola bilangan atau bentuk-bentuk pada konfigurasi objek
· Mengenal pola bilangan, barisan dan pola umumnya untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru.
· Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau konfigurasi objek
· Menyajikan hasil pembelajaran tentang pola bilangan
D. Materi Pembelajaran
Pola Bilangan
Pola Bilangan
· Pola bilangan
· Pola konfigurasi objek
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
- Laptop
- LCD
- Power Point
- Internet
G. Sumber Belajar
1. As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2017). Matematika Jilid I untuk SMP Kelas VIII. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama(2 x 40 Menit) | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | ||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Pola Bilangan Ganjil v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 50 Menit ) | ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Pola Bilangan Ganjilberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | ||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pola Bilangan Ganjilyang baru dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjilyang baru diselesaikan. v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjil. v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pola Bilangan Ganjil. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjilkepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
Bapak/ ibu guru sahabat websiteedukasi.com yang berbahagia, perlu bapak dan ibu ketahui bersama bahwa, RPP Matematika kelas 8 K13 Revisi 2018 ini sebenarnya RPP Matematika kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017, yang bisa bapak dan ibu guru gunakan sebagai bahan referensi dalam pembuatan RPP kelas 8 tahun pelajaran 2018/2019.
Selengkapnya, bagi bapak dan ibu guru yang ingin mengunduh RPP Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 dan 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 melaui tautan dibawah ini;
Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV).docx, Unduh
Pola Bilangan.docx, Unduh
Bidang Cartesius.docx, Unduh
Relasi dan Fungsi.docx, Unduh
Persamaan Garis Lurus.docx, Unduh
Teorema Pythagoras.docx, Unduh
Lingkaran.docx, Unduh
Bangun Ruang Sisi Datar.doc, Unduh
Statistik.docx, Unduh
Peluang.docx, Unduh
Demikian RPP Matematika Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 2 dan semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.
0 Response to "RPP Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 dan 1 K13 Revisi 2018"
Post a Comment