RPP IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pengembangan RPP Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Kurikulum 2013 revisi terbaru dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.
Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP IPS kelas 8 k13 revisi terbaru 2017 disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Contoh RPP IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor :01
Sekolah | : | SMP N |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Materi Pokok | : | 2.1.Keunggulan dan Keterbatasan antar ruang serta peran pelaku Ekonomi dalam suatu perekonomian. |
Kelas/ Semester | VIII /genap | |
Alokasi Waktu | : | 2 X pertemuan ( 4 x 40 ‘ ) |
A
KI.1 | Memiliki perilaku yang mencerminkan sikapberiman dan bertakwa kepada Tuhan YME, |
KI.2 | Memiliki karakter, jujur, dan peduli, bertanggungjawab,. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan . sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional |
KI.3 | Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan: . ilmu pengetahuan, . teknologi, . seni, dan . budaya. Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. |
KI.4 | Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: . kreatif, . produktif, . kritis, . mandiri, . kolaboratif, dan . komunikatif melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri |
B.
NO | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
1 | 3.3. Menganalisis keunggulandanketerbatasanruangdalampermintaan dan penawaran, teknologisertapengaruhnyaterhadapinteraksiantarruangbagikegiatanekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dannegara-negara ASEAN. | 3.3.1. Menjelaskan pengertian permintaan 3.3.2. Menganalisis faktor yang mempengaruhi permintaan 3.3.3. Mendiskripsikan dampak tingginya permintaan suatu barang 3.3.4. Menjelaskan pengertian penawaran 3.3.5. Menyebutkan faktor yang mempengaruhi penawaran 3.3.6. Mendiskripsikan dampak penawaran |
2 | 4.3Menyajikan hasil analisis tentang keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran, tehnologi serta pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN | 4.3.1 . Trampil membuat kurva permintaan 4.3.2 Trampil membuat kurva penawaran 4.3.3. Trampil membuat presentasi beserta penyajiannya. |
C.TUJUAN PEMBEL;AJARAN
Setelah Kegiatan Belajar Mengajar selesai diharapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian permintaan dengan benar
2. Menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan
3. Mendiskripsikan dampak tingginya permintaan suatu barang
4. Memberikan contoh barang – barang yang selalu fluktuatif dalam hal harga.
5. Menjelaskan pengertian penawaran
6. Menjelaskan macam – macam penawaran
7. Menyebutkan faktor yang mempengaruhi perubahan penawaran
8. Mendiskripsikan dampak penawaran
9. Menyebutkan contoh barang/ komoditas pertanian. yang diminati produsen dan konsumen
10. Teramp[il menggambar grafik permintaan
D. FOKUS PENGUATAN KARAKTER
D. MATERI PEMBELAJARAN
a.Materi Regulair
1. Pengertian permintaan dengan benar
2. Faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan
3. Dampak tingginya permintaan suatu barang
4. Contoh barang – barang yang selalu fluktuatif dalam hal harga.
5. Pengertian penawaran
6. Macam – macam penawaran
7. Faktor yang mempengaruhi perubahan penawaran
8. Dampak penawaran
9. Contoh barang/ komoditas pertanian. yang diminati produsen dan konsumen
b .Materi Remidial
1. Faktor yang mempengaruhi permintaan
2. Faktor yang mempengaruhi perubahan penawaran
3. Grafik permintaan dan penawaran
c. Materi Pengayaan
1. Keunggulan dan keterbatasan permintaan,penawaran teknologi, pelaku ekonomi negara – negara ASEAN
E. PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran : Problem based Learning : Case Study
F | MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN | ||
Media | : | Peta Indonesia , Peta Jawa, dan Madura | |
Alat | : | Komputer/Notebook, LCD, PPT |
Selengkapnya, Bagi bapak /ibu Guru kelas 8 yang membutuhkan RPP IPS Kurikulum 2013 Semester 2/ genap Revisi 2017 bisa mengunduhnya pada tautan di bawah ini.
RPP IPS Kelas 8 Semester 2 K13 Revisi 2017.docx, Unduh File
Demikian RPP IPS Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 terbaru yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.
0 Response to "RPP IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Post a Comment