Cara Mengatur Spasi Pada Microsoft Word 2007
Jarak pada tulisan atau yang lebih pamiliar disebut dengan spasi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan apakan akan dibuat sedikit merapat, sedikit renggang atau sangat renggang. Dalam mengatur spasi dapat dilakukan dengan beberapa cara :
Menggunakan Format Toolbar Microsoft Word
Dalam mengatur spasi hal pertama yang anda lakukan dengan meletakkan cursor pada paragraph yang akan diubah jarak spasinya, kemudian sorot dan klik ikon Line Spacing yang sudah tersedia di halaman Microsoft Word 2007, ➨ pilih Line Spacing pada submenu Paragraph, ➨ kemudian klik pada pilihan spasi yang diinginkan.
Pada pilihan Line Spacing umumnya memiliki beberapa pilihan diantaranya :
Line Spacing 1.0
Line Spacing 1.15
Line Spacing 1.5
Line Spacing 2.0
Line Spacing 2.5
Line Spacing 3.0
Spasi pada umumnya memiliki fungsi atau kegunaan sendiri-sendiri, diantaranya :
- Line Spacing 1.0 digunakan pada surat resmi
- Line Spacing 1.5 digunakan secara custom (sesuai keinginan penulis)
- Line Spacing 2.0 digunakan pada penulisan skripsi atau thesis
- Single mengatur jarak spasi satu baris
- 1,5 line mengatur jarak spasi satu setengah baris
- Double mengatur spasi dua setengah baris
- At Least mengatur jarak spasi baris minimal
- Exactly spasi ditentukan secara tetap tanpa penyesuaian ukuran huruf
- Multiple spasi ditentukan berdasar persentase
Menggunakan shortcut tombol keyboad
Cara lain untuk mengatur spasi pada paragraf dengan menggunakan Shortcut tombol keyboad, dengan cara mem-blok paragraf yang akan diatur dan tekan Shortcut tombol keyboad secara bersamaan:
Ctrl + 1 ➨ untuk spacing ukuran 1,0
Ctrl + 5 ➨ untuk spacing ukuran 1,5
Ctrl + 2 ➨ untuk spacing ukuran 2,0
Menggunakan format pengaturan Manual
Apabila spacing yang disediakan oleh program default tidak sesuai dengan keinginan anda, spacing dapat diatur dengan manual dengan ukuran yang diinginkan. Dengan cara :
Memblok paragraf, kemudian klik kanan
Pilih menu Paragraph, kemudian pada sub menu Line Spacing diatur jarak yang diinginkan.
Adapun jarak antar paragraph satu dengan paragraph kedua, satuan ukuranya adalah pitch (pt). Secara default (standard) spacing yang diatur adalah bernilai 0 (nol). Langkah-langkah mengatur Spacing sama dengan mengatur Line Spacing.
Menggunakan Tabulasi /increase dan decrease.
Digunakan untuk memberi jarak tambahan pada sebuah paragraph, mungkin anda sudah pernah melihat jarak pengetikan yang lebih masuk kedalam sebuah paragraf. Bertujuan untuk membedakan antara paragraf satu dengan yang lain, atau untuk membedakan jika ada tema penulisan yg berbeda pada beberapa paragraph. Dengan cara menekan tombol (Tab) pada keyboard pada saat mengawali sebuah paragraf, tab yang terbentuk hanya 1 baris
Increase: tabulasi tambahan pada paragraph, tab yang terbentuk sebanyak baris yang di blok.
Decrease: kebalikan dari increase, atau digunakan untuk mengurangi increase yang berlebih.
Demikian Cara Mengatur Spasi Pada Microsoft Word 2007, semoga bermanfaat.
0 Response to "Cara Mengatur Spasi Pada Microsoft Word 2007"
Post a Comment